FK UII ? Why ?



              Halloooo... Di tulisan kali ini, aku bakal cerita kenapa memilih FK UII sebagai tempat aku menimba ilmu sekarang..
              So yeah, tidak dipungkiri aku masuk swasta karena aku memang gagal masuk FK PTN 2018 ini. Dari keluarga ku sendiri mewajibkan aku buat masuk ke pendidikan dokter (entah karena apa, faktor saudara mungkin kali ya) mau yang PTN atau PTS, buat keluarga ku yang penting aku masuk pendidikan dokter dan nggk ngambil gap year. Jujur nih, kalo aku disuruh memilih, aku pasti bakal minta gap year (toh aku masih punya kesempatan, apalagi masuk FK itu udah terkenal bngt kalo gap year itu sudah menjadi hal lumrah). Yah mau gimana lagi, sebagai anak mah saya nggk berani nentang orang tua, rasanya berat kalo ngambil keputusan tapi orang tua nggak me-ridloi. 
            Singkat cerita, dari awal semester kelas 12, orang tua ku mewajibkan aku memilih universitas swasta untuk dijadikan cadangan. Nah, setelah banyak pertimbangan, ku pilih lah UII. Kenapa UII ?

       1). FK UII berakreditasi A.


             Jadi nih perlu teman-teman ketahui, aku orang yang sangat memperhatikan akreditasi suatu jurusan. Akreditasi jurusan itu menentukan mutu pendidikan suatu jurusan di PT. Akreditasi ini dilakukan oleh pihak luar lembaga yang independen. Setiap perguruan tinggi yang berakreditasi A akan menjamin mutu dan pelayanan pendidikannya sehingga tercipta lulusan yang mampu bersaing di dunia global. FYI gengs,, FK swasta yang sudah terakreditasi A hanya ada enam saat ini, yaitu UII, UPH, Tarumanegara, Atmajaya, dan dua lagi (saya lupa, masih baru akred A nya juga). NAh berhubung saya tinggalnya di Jawa Tengah, otomatis saya langsung melirik UII yang notabene berada di Yogyakarta untuk menjadi pilihan saya.
     
       2). Biaya yang normal
            (jika saya membandingkan dengan univ. swasta lainnya yang berakreditasi A  juga).
           
Biaya di FK UII

Biaya di FK Atmajaya

Biaya di FK UPH

Biaya di FK Tarumanegara

Nah dari gambar-gambar di atas (ini keluaran kompas.com, 2018), cara termudah untuk membandingkan biayanya adalah melihat sumbangan awal masuk dan biaya per semesternya. Rata-rata univ di atas akan mematok biaya 300 juta untuk biaya masuk di awal, sedangkan di UII biaya masuknya (Sumbangan Catur Dharma)  sekitar 195-245 juta (tergantung hasil ujian masuk kalian) untuk yang mengambil jalur reguler. Untuk biaya per tahun (bukan semester), saya sendiri paling mahal sekitar 30 juta di tahun pertama, tahun-tahun selanjutnya, biaya itu terus menurun. 

          3). Lokasinya yang berada di Yogyakarta


            Yogyakarta itu menjadi destinasi tempat kuliah aku sejak dulu. Awalnya aku pingin banget masuk ke pendidikan dokter UGM (aku kukuh banget masalah ini), tapi di tengah perjalanan aku juga nggak merasakan feel yang kuat banget untuk masuk ke sana. Ya mungkin karena itu juga aku akhirnya tersesat ke FK UII. FYI, di Yogyakarta FK (pendidikan dokter) yang terakreditasi A itu hanya UGM dan UII. Jadi ya, aku kuat banget jadiin UII sebagai cadangan tempat kulyah aku. 

         Nah, tips nih buat temen-temen yang mau masuk ke FK khususnya swasta, daftar lah di awal pembukaan. JANGAN MENDAFTAR SETELAH PENGUMUMAN SBMPTN. Mendaftar setelah SBMPTN itu sangat riskan. Karena apa ? Hampir seluruh kuota mahasiswa baru telah terpenuhi, terus aku jamin di akhir waktu, kalian akan mendapatkan biaya masuk yang semakin mahal. Maka dari itu, ambillah gelombang-gelombang awal pendaftaran dimana pendaftarnya nggak sebanyak setelah SBMPTN dan urusan biaya itu masih bisa dikatakan wajar. Oiya buat yang mau daftar di FK swasta, jangan meremehkan jumlah pendaftar ya (dulu aku kira yang daftar FK UII itu dikit). Nih ya, kalo di FK UII itu jalur masuk yang PBT (Paper Based Test) sendiri ada lima gelombang masuk. Nah, aku daftar nih di gelombang kedua, ku kira yang daftar cuma 30-50 orang karena itu tes dilaksanakan sekitar bulan Februari yang mana anak-anak kebanyakan belom mikir univ, masih sibuk ujian, apalagi mau antisipasi cadangan ngambil swasta, eh ternyata yang ujian itu satu gedung FTSP penuh (sekitar 800 orang). Kan aku kaget gitu tau segitu banyak yang ujian. Setelah itu juga aku baru tau kalo yang diterima untuk tahap dua cuma 40 orang (aku ngerasa beruntung banget asli, aku bener-bener  ngeremehin swasta jadi buat ujian itu aku sama sekali nggak ada persiapan apapun, tau materi yang diujiankan aja pas tes). Ya intinya, kalo temen-temen mau masuk ke pendidikan dokter, entah itu swasta ataupun negeri, persiapkan dengan baik-baik. Banyak yang pingin masuk FK, jadi nggak heran kalo kalian juga harus berjuang banyak untuk masuk ke jurusan satu itu.. SEMANGAT TEMEN-TEMEN SEMUAAA :) :)

Gedung FTSP UII





Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMA 3 SEMARANG ? KELAS OLIMPIADE ?

SKS atau Blok ? Apa Perbedaannya ??