SMA 3 SEMARANG ? KELAS OLIMPIADE ?

Halloooo...

Rasanya saya udah lama banget nggk nulis di blog ini.. ada mungkin tiga tahun ini blog saya anggurin hehehe.. Waktu emang berjalan cepet banget sih, tanpa sadar juga saya udah lulus SMA tahun ini dan mau masuk universitas, kalo dilihat-lihat gaya penulisan saya juga udah berubah jauh banget dari yang terakhir hehe..yeaa begitulah, orang pasti akan berubah seiring berjalannya waktu yaa....Hmm.. berhubung sekarang saya punya waktu luang hampir tiap hari, saya juga udah mulai bosen liburan, alhasil saya nulis ini dehh..
Oke, disini saya akan bercerita tentang kelas Olimpiade SMA 3 Semarang, dimana saya menghabiskan 2/3 kehidupan SMA saya..


Perlu kalian ketahui di SMA 3 Semarang saat saya masuk sebagai siswa baru tahun 2015 itu, terdapat 4 jenis kelas, yaitu, MIPA Reguler, IIS, MIPA KCC (Kelas Cerdas Cermat/Akselerasi), dan MIPA Olimpiade. MIPA reguler ada 11 kelas, IIS ada 2 kelas, sedangkan MIPA KCC dan Olimpiade masing-masing 1 kelas. Nah sejak tahun 2017 kemarin, kelas MIPA KCC dihapuskan sehingga sekarang tinggal MIPA Reguler, IIS, dan MIPA Olimpiade. Jadi apa sih yang membedakan MIPA Olimpiade dengan kelas lain ? 

1. Seleksi 
KAPIT "Soekarno Ganesha"
(Kegiatan pertama cem Classmeeting yang diadain sebulan setelah masuk, kinyis-kinyis banget si asli)

Walaupun hanya terdapat satu kelas, seluruh siswa memiliki kesempatan yang sama lho untuk bisa masuk ke kelas olimpiade. Nah karena kapasitasnya yang terbatas, tentu saja tidak semua anak bisa masuk kelas ini. Jadi dulu ketika saya menjadi siswa baru, setelah adanya tes untuk menentukan jurusan IPA/IPS (dulu saya masih tes untuk menentukan jurusan, tidak menggunakan nilai UN), diadakan tes kembali untuk siswa yang berminat masuk ke kelas olimpiade. Siswa yang berminat dapat mendaftarkan dirinya untuk masuk ke kelas olimpiade lalu menjalani tes untuk masuk ke kelas ini. Pengumuman penerimaan siswa yang masuk ke kelas ini bersamaan kok dengan pengumuman pembagian siswa reguler lain.

2. Pemilihan Peminatan 

PAPI SMAGA
(Meninggalkan Arlita dan Jasmine yang jadi dedek emesh kakak MPK mereka. Olimp juga isa organisasi lho ya)

Nah khusus di kelas ini, kalian tidak hanya difokuskan untuk belajar mapel IPA/IPS. Fyi, sesuai namanya, kelas ini sejak awal memiliki tujuan untuk menjaring anak-anak yang berminat dalam kegiatan olimpiade, khususnya OSN (Olimpiade Sains Nasional) dan olimpiade penelitian seperti LKIR dan OPSI. Berhubung bidang yang dilombakan dalam OSN terdapat 9 mata pelajaran, anak-anak kelas olimpiade ini diharuskan untuk memilih kembali satu mapel yang mereka sukai untuk dipelajari secara lebih mendalam. Jadi, kalau di kelas lain biasanya cuma ada satu anak yang jadi pentolan buat tanya-tanya pelajaran, di kelas ini kalian bakal nemuin banyak orang yang kalian bisa tanyai mengenai pelajaran tertentu. So pasti menyenangkan dong ketemu sama temen-temen yang passionate banget sama suatu hal.

3. Cabut kelas dengan elite

BALLIIII
(Program yang katanya Study Tour tapi tep ae jadinya VACATION)


Gimana sih cabut kelas kok elite ? Emang bisa ? Kalo kalian di kelas ini, wah gampang banget deh kalo mau cabut kelas. Jadi, sebelum kita benar-benar mengikuti OSN, butuh pemanasan dong. Pemanasannya tuh dengan cara mengikuti berbagai lomba yang diadakan universitas. Sebagai manusia, nggak mungkin kan kita bisa langsung pinter besok paginya waktu lomba, maka dari itu perlu lah kita belajar berhari-hari sebelumnya. Nah, ini nih waktu yang paling menyenangkan karena dibalik persiapan lomba itu, kita bisa mengajukan dispensasi untuk keluar kelas tidak mengikuti pelajaran sehari penuh. Kita tetep nih berangkat sekolah, tapi masuknya bukan ke kelas, kita ke perpustakaan. Enak ga sih ? kita nggak ikut pelajaran seharian penuh, kita bisa belajar suatu hal yang kita sukai sendiri, dan yang jelas kita bisa bebas tanpa terikat waktu. Perpustakaan juga menyenangkan lho, disana full AC, wifi, dan bebas mau ngapain aja, nggak cuma duduk dengerin guru jelasin materi di kelas. Cabut elite gini nih, alasannya kan keren (persiapan lomba) hehehe..

4. Solid yea

Menghibur Cathrin sekaligus menghibur perut
(Ketika temen kalian susah, kita juga mesti nememin dong. Kita full team loh walaupun acaranya mendadak)

Perbedaan yang lain yaitu kita satu-satunya kelas di SMA 3 Semarang yang nggak di-rolling selama dua tahun. Sebenarnya di SMA 3 Semarang itu diberlakukan "pengacakan" atau rolling tiap tahun ajaran baru, namun kita yang berada di kelas olimpiade bisa bersama-sama di kelas X dan XI, barulah nanti saat kenaikan kelas XII, kita akan dipecah-pecah kembali dan bergabung dengan anak-anak MIPA Reguler. Jadi nanti saat kelas XII, tidak ada yang namanya kelas XII Olimpiade, semuanya akan menjadi kelas reguler biasa. Saat kelas XII, sekolah menginginkan para siswanya untuk fokus kepada ujian-ujian yang akan mereka hadapi dan tidak berpikiran kembali mengenai  lomba-lomba yang ada. Yah walaupun biasanya anak-anak yang bisa dibilang kutu buku ini "ansos" atau anti sosial, namun percayalah bahwa mereka juga menyenangkan dan bisa diajak bekerja sama dengan baik. Dua tahun yang dilalui pasti akan sangat berharga dan penuh kenangan.

Ya sebenarnya banyak perbedaan yang akan kalian rasakan jika masuk ke kelas ini.. Tapi secara garis besar, empat hal diatas cukup mewakili perbedaan kami dengan kelas lain.Percayalah kami juga manusia biasa seperti orang lain, kami tidak se-wow dipikiran orang lain.. Oiya untuk di SMA 3 Semarang sendiri juga sebenarnya tidak hanya anak olimpiade yang diperbolehkan untuk mengikuti lomba-lomba seperti OSN, LKIR, dan OPSI. Sama seperti yang saya katakan diawal, semua siswa memiliki kesempatan yang sama. Anak-anak yang gigih dari kelas reguler juga dapat mengikuti lomba-lomba yang diikuti anak kelas olimpiade lho, hanya saja mereka yang berada di luar kelas olimpiade ini bisa saya katakan sebagai pejuang yang sendirian karena tidak bisa berada di lingkungan yang penuh dengan teman seperjuangan. 

Ya ini foto saat perpisahan kelas XI sebelum kami harus dipisah

Buat yang punya waktu luang, bisa check ig kita https://www.instagram.com/xxiboss.smaga/, disana ada description tiap member olimp angkatan saya lhoo  :)
*maaf buat gambar dan konten yang agak tidak sinkron hehee... saya pengen banget share banyak kenangan saya soalnyaaa... 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SKS atau Blok ? Apa Perbedaannya ??

FK UII ? Why ?