Do's & Dont's in the Examination



UJIAN ? TEST ?

    Mungkin kata-kata itu bener bener ga enak buat di dengar ya.. Yah mau gimana lagi, kita nggak bisa ngehindar buat kegiatan yang satu itu. Itulah kegiatan yang sangatlah susah untuk diterima namun jika kita mengerjakan nya dengan baik, kita juga nanti yang seneng pasti :D
     Untuk menghadapi ujian tersebut, nasehat yang paling mainstream buat di dengar adalah “Belajar yang rajin ya...”. Nah, selain petuah mainstream tadi, saya yang notabene masih seorang pelajar juga ini #pelajarkanpenuhdenganseabrekujian:D,  bakal ngasih tau hal-hal yang diperlukan dalam menghadapi ujian tersebut.
   
  •          Puaskan Hasrat sebelum Perang :D

     Jadi maksudnya disini, sebelum kalin ini pada belajar, ujian, atau apapun, puas-puas in dulu deh apa yang bikin kalian suka. Misalnya aja kalian baru mau mulai belajar, baru baca 1 halaman aja kalian udah bosen, capek, ngatuk,dsb yang pastinya ngalahin hasrat kalian buat belajar. Nah untuk ituuu, kalian bisa menyiasatinya dengan berbuat sesuatu yang kalian suka sampe kalian ngerasa cukup. Misalnya aja dengan mainan HP, nonton TV, main keluar, atau apapun sampe kalian puas.            Dengan hal itu, kalian pasti akan merasa senang, dan mood kalian pun akan menjadi lebih baik. Tapi ingetttt, kalo udah selesai trus kalian belajar, misal kalian main HP, HP nya matiin yesss... Cukup kan tadi main HP nya.. Kalo di hidupin, trus ada bunyi-bunyi an atau “drzzzt drztt” ituh tangan sama mata langsung deh pindah lagii -_-
  •  45 Belajar 15 Fresh

     Kalo ujian, kita bakal belajar habis-habisan deh pasti. Gatau waktu + gatau mata. Sebenernya gak salah sih kalo kita berjuang habis-habisan.. tapiiiii, yang nama nya manusia itu perlu istirahat brooo. Di negara Finlandia, sekolah-sekolah disana akan memberikan waktu 15 menit untuk para siswanya beristirahat tiap 1 jam. Dan hasilnya gak perlu diragukan, secara sudah terbukti bahwa Finlandia memiliki sistem pendidikan yang terbaik di dunia. So, stay calm and be happy !!
  •      Jaga Hubungan & Emosi

     Ininih kalo menurut aku hal yang paling susah buat di kontrol. Gimana enggak coba ??!!! Lagi serius – seriusnya belajarrrr... eh digangguuu. Lagi kepingin istirahat udah disuruh-suruh. Emosi langsung UP yakann ?!!!! 
     Tapi ya mau gimana lagi, kita harus ekstra ekstraaaa sabar, ga boleh marah, dan ga boleh buat orang yang bersangkutan juga marah. Apalagi kalo orang yang bersangkutan tersebut adalah Orang Tua kita, bisa-bisa dapet jelek deh dalam ujian karena nggak dapet Do’a dan Ridlo-Nya.  Kalo mau ujian, usahakan kita dalam keadaan senang yes... karena kalo kita senang insyaAllah kita bisa mengerjakan ujian dengan lancar. Trus jangan lupa jaga hubungan baik kita sama orang tua.. Jangan karena udah stres mikir ujian, trus belajar nya SUPER POWER bikin kita gampang marah karena disuruh-suruh orang tua.
     Coba bayangin deh ketika kita marah trus udah gitu orang tua kita hubungan.a gak baik sama kita, pasti nanti kalo ujian kepala rasanya berrraaaatt banget. Udah gitu mood kita bakal Up and Down. Alhasil, kita bakal ngerjainnya dengan cepet-cepetan, gak tenang, gak konsentrasi hasilnya pun bakalan jelek.  So,,, yang sabar yaaaa...
  •   Bangun, Relaks, Percaya.

     Oke kalo lagi ujian, usahain bangun sepagi mungkin, kalo bisa jam 5 lah. Mungkin ada yang mikir “Loh kenapa harus pagi ?? Ngantuk tau abis belajarrr”. Nah kenapa disini aku bilanig harus pagii, karena kalian harus ngerasain yang aku namain “DAMAI PAGI”. Kalian harus keluar rumah, ngerasain udara yang sejuk+ hening nya saat pagi. Kalo menurut aku, hal ini bisa buat kita lebih rileks dan lebih siap buat ngejalanin ujian. Saat pagi itu, olahraga lah sedikit-sedikit sambil hirup udara bersih di pagi hari sebanyaak-banyaknyaaa. 
    Ketika menghirup udara, katakanlah dalam pikiran, dan hati kalian bahwa “AKU BISA”. Lakukan hal tersebut sebanyak-banyaknya kalian bisa lakukan. Setelah itu kalian bakal ngerasain ketika kalian lebih tenang, dan pikiran kalian lebih ringan..
  •  Jadwal.

     Sebelum kalian melakukan semua ritual untuk belajar ujian, aku saranin kalian harus punya planning untuk melakukan semua hal itu secara berurutan. Jadi kalian harus tau apa yang kalian bakal lakuin dan nggak boleh kalian lakuin selama belajar itu. Trus susun semua rencana kalian itu, sesuai dengan waktu dan proporsinya. Kalian juga nggak boleh ngelupain untuk waktu istirahat. Gunakan waktu yang kalian udah susun tadi dengan disiplin.
       Misalnya kalian udah nyusun dari jam 7-9 malem itu buat belajar. Nah, selama waktu itu kalian harus bener-bener fokus buat belajar, misalkan kalian ikut saran aku buat nyisain waktu 15 mnt untuk istirahat, yaudah waktu 15 mnt itu kalian full buat refresh otak kalian. Jangan waktunya belajar, kalian malah asyik mainan HP. Kalo ditanya “Kamu nggak belajar ? kok BBM-an sama aku ?” trus kamu jawab gini “Iya ini aku lagi belajar kok (terusfotobuku-bukuyangadadidepankamu-kirimkesidia)”.
     Nah itu tuh termasuk hal yang bisa dibilang “belajar terpendam”. Iyahhh.. Belajarrr tapi yang masuk mah BBM-nya buka bukunyaaa -_-
      So, kalian harus bener-bener disiplin dan punya komitmen untuk hal satu iniii..Yah namanya juga manusia, penuh dengan nafsu ya... Tapi, kalian harus BISA ngilangin nafsu kalian ituu..

Wokeeehhh.. Sepertinya cukup sekian yah yang bisa aku tulis. Jari-jari tangan aku udah mulai nahan rasa sakit :D #alasansebenarnya.

So, It’s time for me to SAY THANK YOUUU and sorry jika tulisan ini menyinggung perasaan para pembaca di luar sanaaaa..... THANKK YOOOUUUU :*

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMA 3 SEMARANG ? KELAS OLIMPIADE ?

SKS atau Blok ? Apa Perbedaannya ??

FK UII ? Why ?